Friday, July 28, 2006

1) Anugerah Kadarman 2006 - Agung Adiprasetyo MM.

Agung Adiprasetyo MM, Vice President Director Kelompok Kompas Gramedia adalah alumni Program Wijawiyata Manajemen angkatan ke-8 tahun 1982/1983, MBA angkatan ke-2 tahun 1985 dan MM tahun 1995. Ia menerima penghargaan sebagai Strategic Change Leader di bidang Intrapreneurship.

“Hidup berhenti ketika mati, menjadi berarti ketika memberi,” kata Agung tentang falsafah hidupnya. Falsafah yang dia pegang teguh ini kemudian mewarnai perubahan yang dilakukannya di lingkungan Kompas-Gramedia.
Krisis moneter pada 1997/1998 menjadi pemicu pengembangan produk iklan di KOMPAS. Dalam waktu tiga tahun jumlah produk iklan menjadi 10 jenis, sehingga pilihan bagi pemasang iklan di KOMPAS semakin banyak.
Perubahan lain yang dilakukan adalah merintis organisasi Account Executive Media dan mengembangkan kegiatan promosi secara nasional.
TV7 juga tak luput dari sentuhannya. Pendapatan iklan media elektronik ini meningkat pernah menjadi 44 kali lipat dalam waktu 2,5 tahun, sedangkan audience share dari 0,8% menjadi 7%.
Keberaniannya berinovasi dengan konsekuensi menanggung risiko, ditempuh karena keyakinan akan hasilnya di masa depan. Risiko pribadi, baik berupa finansial, waktu, tenaga adalah konsekuensi dari inovasi yang dilakukannya. Hal itu ditempuhnya semata-mata demi perubahan KOMPAS, yang merupakan pemimpin pasar di industri media.
Inovasi dan perubahan yang dilakukannya tidak lupa selalu berpegang teguh pada tata nilai, yang disebutnya hitam putih. Inovasi dan perubahan penting, tetapi tetap harus berpegang pada nilai bersih dalam berbisnis. Tidak boleh ada manipulasi informasi atau rekayasa keuangan, komisi atau suap.
Keinginan untuk menjadi orang yang bermakna bagi lingkungan mendorongnya terus memberikan inovasi dan perubahan strategis di Kelompok Kompas Gramedia. Prinsip ingin menjadi mata air menjadi pendorong semuanya ini.


No comments:

Post a Comment